fbpx

Ini dia Destinasi Wisata Religi di Kota Bandung : Kampung Wisata Qur’an dan Kampung Kaligrafi.

Pernah dengar Kampung Kaligrafi ? ya ini adalah sebuah wilayah wisata yang berlokasi di Kampung KB Binangkit RW 02 Kelurahan Cicaheum Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung.

Mengapa dinamakan kampung Kaligrafi? Berawal dari kegiatan warga yang didominasi oleh santri dengan kebiasaan sehari-hari yaitu mengaji, membuat warga mencetuskan ide untuk secara swadaya membuat murah kaligrafi dengan tema yaitu Shalawat Nabi, Asmaul Husna hingga surat pendek untuk menjadi karya lukisan pada bidang 200 meter di kampung ini.

Dalam wawancara yang digelar pada liputan TV One dengan ketua RW 02 Kampung KB Binangkit menyatakan bahwa, “Diharapakan murah ini bukan hanya bisa meningkatkan wawasan masyarakat terkait dengan agama islam tapi juga meningkatkan semangat dan minat untuk berwisata religi di kota Bandung”. Jika wisatawan datang ke Kampung KB ini maka, para pengunjung akan disuguhi pemandangan mural kaligrafi yang dihias oleh tangan-tangan para penduduk yang memiliki bakat seni.

Adanya Kampung Kaligrafi ini semakin menambah khasanah pilihan destinasi pada wisata religi di Kota Bandung, dimana sebelumnya Wisata Quran Syaamil juga sudah ada dan diresmikan sejak tahun 2019 yang kini terus dikemanbangkan dengan berbagai inovasi untuk memberikan informasi tentang bagaimana kegaitan percetakan Al Quran Syaamil untuk meningkatkan awareness dan mensukseskan berbagai program dalam visi misi “Membumikan Al-Quran”.

Bersama Kampung Kaligrafi, Syaamil Quran ingin bergerak bersama untuk mewujudkan visi “Membumikan Al-Quran” maka pada Senin, 11 Oktober 2020 Syaamil Quran memberikan Paket Al Quran kepada warga di kampung tersebut dalam rangka mendukung program Magrib Mengaji yang selalu dilaksanakan oleh warga sekitar yang melatarbelakangi hadirnya Kampung Kaligrafi ini.Syaamil Quran memberikan paket Alquran kepada warga,  untuk program maghrib mengaji Di Kampung Kaligrafi tersebut. 

Penyerahan yang berlokasi di Kantor Syaamil Quran Jalan Babakan Sari no 71, Kiaracondong Kota Bandung ini, oleh Tim Syaamil Quran Ramdan kepada  Pak Ace selaku Penangung Jawab dan didampingi oleh Ibu Feby selaku pemerintah daerah setempatnantinya akan disalurkan kepada masyarakat di Kampung KB Binangkit RW 02 tersebut. 

InsyaAllah selain membagikan Al-Quran secara gratis sebagai bentuk dukungan yang maksimal terhadap Kampung Wisata Kaligrafi ini kedepan Syaamil Quran akan menjalankan program pelatihan Tikrar untuk membantu warga & santri dalam menghafal Al-Quran dengan menggunakan Quran Tikrar yang sering digunakan oleh para Penghafal Al-Quran. 

Dalam rencana kolaborasi ini, Syaamil Quran akan memberikan Training khusus terkait metode Tikrar dimana Syaamil akan mengirimkan Trainer Khusus untuk memberikan pelatihan pengajaran menggunakan Quran Tikrar. Hal in idilakukan agar menjadi pemacu semangat bagi masyarakat yang sering melakukan tilawah Quran pada Pada Program Magrib Mengaji  untuk meningkatkan hafalannya dengan metode ini menggunakan Quran Tikrar.

Quran Tikrar dari Syaamil Quran memang istimewa karena dibuat agar Sahabat dapat Hafal Quran tanpa Menghafalnya, yaitu sesuai dengan arti katanya bahwa Tikrar adalah menghafal al-Quran dengan mengulang-ngulang ayat kurang lebih 5 sampai 20 kali. Syaamil Quran dalam misi membumikan Quran, ingin selalu membersamai Sahabat Syaamil dalam usaha menghafal Quran. Oleh karena itu Syaamil mencoba berinovasi dengan membuat berbagai varian dari Quran Tikrar dengan beberapa fitur berbeda untuk melengkapi kebutuhan sahabat dalam menghafalkan Al-Quran. 

Bahkan Teuku Wisnu pun sudah banyak memberikan testimoni terkait Quran Tikrar ini sebagai salah satu Mushaf Syaamil Quran yang menjadi favoritnya. untuk menyempurkan ilmu agama, Teuku Wisnu sering menggunakan Quran Tikrar dari Syaamil untuk menghafal Quran dalam rangka menambah hafalan surat-surat sebagai bekal di akhirat.

Semoga Allah selalu membersamai setiap kegiatan dan usaha kita dalam visi untuk membumikan Al-Quran. Aamiin..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *