Sebaik-baiknya kamu adalah orang yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya” (HR. Bukhari)

Dalam rangka menebarkan pengaruh positif agar semakin dekat dengan Al-Quran di tengah pandemi COVID-19 ini, NR Foundation mengadakan pembinaan dasar melalui kuliah online via WhatsApp bertajuk Hafal Al Quran Tanpa Menghafal dengan Metode Tikrar.

Program ini berlangsung pada 29 April 2020 pukul 20:30 s.d. 22:00 dengan Ustadz Ari Priyatno sebagai pembicara dan Endah sebagai moderator.

Peserta yang tergabung dalam kuliah online ini ada 425 peserta dari berbagai latar belakang yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, pengusaha, guru, ibu rumah tangga, hingga karyawan yang tersebar dari Manokwari hingga Lampung. 

Metode Pelatihan menghafal Al Quran menggunakan Al Quran Tikrar yang diterbitkan oleh Syaamil Quran ini sangat membantu NR Foundation dalam mensyiarkan metode membaca Al Quran dengan lebih mudah dan cepat, yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk membimbing para peserta kuliah online.   

Peserta sangat antusias saat mengikuti pelatihan Tikrar ini, karena mereka bisa menghafal Al Quran dengan mudah dan menyenangkan. Media yang digunakan dalam kuliah online Hafal Al Quran Tanpa Menghafal dengan Metode Tikrar menggunakan materi tertulis dan audio visual.

Trainer menyisipkan video motivasi untuk peserta, foto dan video tips dan trik menghafal, cuplikan halaman Al Quran Tikrar, dan audio yang berisi bacaan Al Quran Surat Thaha [20] ayat 13-14, Juz 16 halaman 313.

Ustadz Ari Priyatno selaku Trainer Syaamil Quran menyampaikan bahwa dalam menghafal, ada baiknya bersama kelompok kecil agar bisa saling memperbaiki hafalan dan saling memotivasi satu sama lain. Beliau juga menyampaikan bahwa menjadi penghafal Al Quran itu artinya harus siap murajaah seumur hidup dan berpesan agar “Kita menghafal Al Quran bukan sekedar untuk Hafal, tapi agar kita selalu bisa bersama Alquran”.

Dengan diadakannya kuliah online Hafal Al Quran Tanpa Menghafal dengan Metode Tikrar ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan kecintaannya untuk senantiasa mempelajari dan mengamalkan Al Quran serta menjadi umat Rabbani yang selalu dekat dengan Al Quran. Aamiin Yaa Rabbal’alamiin