fbpx

Acara Hafiz Indonesia sudah menjadi acara favorit keluarga Indonesia, tak heran karena acara ini pernah diganjar beberapa penghargaan sebagai acara Ramadhan terfavorit selama beberapa tahun terakhir.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hafiz Indonesia akan tayang selama Bulan Ramadhan di RCTI, sehingga bisa menambah aktivitas Ramadhan kita.

wakaf untuk penghafal quran

Baca juga : Jam Tayang Hafiz Indonesia 2020

Dari tahun ke tahun selalu ada hal baru yang dihadirkan oleh Hafiz Indonesia selain pesertanya yang lucu dan shaleh-shalehah, kita juga akan ditemani oleh para juri yang selalu memberikan ilmu baru pada setiap episodenya.

Tahun ini, ada 6 juri yang akan menilai penampilan para peserta sekaligus akan memberi ilmu berharganya untuk kita, 3 juri utama dan 3 juri baru/tamu.

1. Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber yang mempunyai nama lengkap Syekh Ali Saleh Muhammad Ali Jaber adalah juri Hafiz Indonesia dari tahun ke tahun.

Syekh Ali, begitu biasanya beliau disapa, ternyata sudah dapat bimbingan agama oleh ayahnya sejak kecil. Ayahanda Syekh Ali Jaber merupakan pemuka agama yang mempunyai harapan agar anaknya kelak bisa mengikuti jejaknya untuk menyebarkan syiar Islam.

Sejak kecil, Syekh Ali sudah belajar Al-Qur’an karena ingin sekali meneruskan perjuangan ayahandanya, dan Alhamdulillah kiprah beliau di dunia dakwah sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia.

2. Amir Faishol Fath

Dr. Amir Faishol Fath MA, atau biasa disebut Abi Amir adalah da’i sekaligus ahli tafsir Al-Qur’an di Indonesia.

Beliau juga aktif sebagai juri di acara Hafidz Indonesia yang ditayangkan tahunan di salah satu stasiun TV swasta. Selain itu, Beliau juga mendirikan Yayasan Fath Qur’ani Center dan Lembaga Darut Tafsir Fath Institute.

Abi Amir menyelesaikan Pendidikan Dasar dan Menengah di Pondok Pesantren Al-Amien, Madura. Pendidikan S1 sampai S3 jurusan Tafsir Al Qur’an ia selesaikan di International Islamic University Islamabad, Pakistan.

Karier beliau diawali sebagai dosen tafsir di IIUI, Pakistan selama beberapa tahun. Beliau juga pernah menjadi dosen Pascasarjana bidang tafsir Al Qur’an di Fatimah Jinah Women University Rawalpindi, Pakistan.

3. Nabila Abdul Rahim Bayan

Ustadzah Nabila Abdul Rahim Bayan, atau yang biasa disebut Kak Nabila merupakan juri Hafiz Indonesia yang sudah hafal Al-Qur’an sejak berusia 17 tahun.

Sejak kecil, keseharian kak Nabila memang sudah lekat dengan Al-Qur’an berkat didikan kedua orang tuanya.

Kemudian beliau menyelesaikan pendidikannya di Ummul Qura University jurusan Syariah. Tidak berhenti sampai di situ, Kak Nabila juga pernah diamanahi mengajar Al-Qur’an untuk anak perempuan dari Imam masjidil haram, Mekkah.

4. Syekh Abdulkarim Al-Makki

Syekh Abdulkarim Al-Makki adalah seorang imam di salah satu masjid besar di Malaysia, beliau lahir dan besar di Mekkah Al-Mukarromah.

Syekh Abdulkarim juga terkenal piawai menirukan irama-irama imam besar Masjidil Haram, seperti Syekh Bandar Balila, Syekh Maher Al-Muaiqly dan imam besar lainnya.

Jika sahabat pernah menyaksikan serial Upin-Ipin, Syekh Abdulkarim adalah pengisi suara untuk sosok Ustadz yang ada dalam serial tersebut.

5. Syekh Ahmad Al-Mishri

Syekh Ahmad Al-Mishri merupakan ulama yang berasal dari Mesir.

Kini, beliau sudah fasih berbahasa Indonesia dan sering diundang untuk mengisi kajian-kajian keislaman hampir di seluruh penjuru nusantara.

6. Syekh Thyazen Al Hakimi

Syekh Thyazen Al Hakimi adalah pemilik sanad Qiraah Asyarah ke-28 dari Rasulullah SAW.

Mana juri favorit sahabat? Tulis dikolom komentar ya 🙂

Mulai Chat
Ada yang bisa kami bantu?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu?