fbpx

Wisata Quran bersama Aisyiyah Boarding School

Hari Rabu, 2 Februari 2022 Pukul 09.00-11.00 WIB  telah berlangsung kegiatan Wisata Quran (Offline) di Pabrik Percetakan Al-Quran Syaamil di Jalan Babakan Sari I no 71, Kiara Condong. Bandung bersama Aisyiyah Boarding School.

Wisata Quran merupakan sebuah kegiatan yang diinisiasi oleh Syaamil Quran sebagai sebuah fasilitas untuk masyarakat agar bisa melakukan kunjungan sekaligus Wisata Religi dan melihat bagaimana proses percetakan Al-Quran Syaamil dilaksanakan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang bagaimana adab yang dilakukan dalam proses percetakan Quran di Syaamil yang dilakukan untuk menjaga kesucian Al-Quran hingga ke tangan konsumen.

Quran Syaamil memang dikenal sebagai Al-Quran yang dicetak dengan proses terintegrasi, dari mulai proses Research hingga Packing, dengan setiap stepnya selalu memperhatikan adab-adab terhadap Al-Quran salah satunya adalah dimana setiap karyawan yang terlibat dalam kegiatan percetakan diwajibkan menjaga wudhu agar kesucian mushaf tetap terjaga.

Kegiatan Wisata Quran kali ini dihadiri oleh Sekolah Aisyiyah Boarding School yang terdiri dari 25 orang siswi dan 4 orang guru pendamping yang disambut oleh tim yang bertugas dari Quran episentrum yaitu Kang Ramdan sebagai Host, Kang Mar’i selaku Operator serta Abah Dikdik sebagai pembuka kegiatan.

kunjungan sekolah Aisyiyah Boarding School ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat siswi agar senantiasa tertanam rasa cinta pada Kitab Al-Quran dan rinde untuk selalu berinteraksi dengan Al-quran, Di samping itu para siswa/wi pun akan mendapatkan bekal berharga berhubungan dengan dunia kreatif.

Kedatangan Rombongan dari Aisyiyah Boarding School dimulai pada pukul 09.00 WIB, dimana siswa beserta guru pendamping datang dan langsung dihadirkan di Ruangan Aula Hijaz untuk mendapatkan penjelasan mengenai Syaamil Quran melalui pembukaan yang dipimpin oleh Bah Dikdik, dan juga dengan menonton video company profile Syaamil Quran.

Selain itu, siswa juga diajak untuk mencoba menulis mushaf dengan worksheet dari Mushaf Tulis Syaamil Quran. Untuk mengajarkan siswa bagaimana amalan yang bisa kita lakukan untuk memperkuat hafalan adalah dengan menulis Mushaf menggunakan Mushaf Tulis dari Syaamil Quran sebagai salah satu media yang bisa digunakan.

Kemudian Tour dalam rangka Wisata Quran pun dimulai dari ruang Syaamil Arabic Mustaqili, dimana siswa di perkenalkan dengan Syaamil Arabic sebagai salah satu unit bisnis dari Syaamil dengan kelas bahasa arab yang mendukung kegiatan dama memahami dan mengkaji Al-Quran.

Selanjutnya para siswa diajak melihat- lihat ruang kreatif  di Sygma Media Innovation (SMI) untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan konten Al-Quran sebelum masuk ke bagian pencetakan. 

Kemudian Tour berlanjut ke bagian kantor Madina Quran. Disini siswa diajak melihat  mushaf Madina Quran yang dibuat untuk memenuhi segmen khusus yaitu segmen milenial dengan design Al-Quran yang lebih kekinian. 

Puncak dari wisata religi ini adalah dengan melihat proses pencetakan Quran. Tempat mencetak Quran ada di lantai 1 gedung Syaamil. Dimana disini siswa diajak melihat tahapan percetakan Al-Qur’an dari mulai tahap awal hingga akhir. Tahapan pertama adalah mencetak lembaran mushaf lalu memotong, menjahit, dan proses penyatuan Mushaf menjadi Al-Quran, yang dimana pada setiap stepnya dilakukan Quality Control untuk melihat dan melakukan pengecekkan untuk menghindari kesalahan.

Tahap selanjutnya adalah mencetak cover, dimana cover yang akan digunakan juga melewati beberapa tahap finishing yang dibuat agar Quran lebih awet dengan cover yang berkualitas. Hingga tahap pemasangan cover, dan kembali melalui proses Quality Control agar Al-Quran yang akan diedarkan sudah sempurna tanpa kekurangan sedikitpun.

Di akhir acara Siswi dan Guru dari Aisyah Boarding School pun memberikan testimoni tentang kegiatan Wisata Quran yang begitu berkesan dan membuat mereka menyadari bahwa proses percetakan Quran Syaamil begitu terjaga adab dan kesuciannya, sehingga dalam membaca Quran kita harus lebih khidmat dan menghargainya.

Anda tertarik untuk berkegiatan Wisata Quran? 

Yuk ikut kegiatan Wisata Religi bersama Syaamil Quran di Wisata Quran dengan klik disini..

Leave a Comment

Your email address will not be published.